5.00
(2 Ratings)
Bootcamp Merancang Kurikulum untuk Adult Learning Batch 3
Categories: I-Labs, Insentive Bootcamp

Course Content
Pretest
-
Pre-Test
00:00
Membuat Training Needs Analysis (TNA)
-
Mengenal TNA dan Tujuanya
11:09 -
Tiga Cara Melihat Kebutuhan Pelatihan: Organisasi, Jabatan, dan Individu
13:38 -
Langkah 1: Mulai dari Atas — Menyelaraskan Pelatihan dengan Arah Perusahaan
03:15 -
Langkah 2 Bagian 1:Membedah Pekerjaan: Dimulai dari Job Description yang Jelas
00:00 -
Langkah 2 Bagian 2:Membedah Pekerjaan: Job Spesification
00:00 -
Langkah 2 Bagian 3 : Menentukan Standar Emas: Seberapa Tinggi Kemampuan yang Dibutuhkan?
00:00 -
Langkah 3 Evaluasi Profil Aktual
00:00 -
Langkah 4 Bagian 1: Menemukan Kesenjangan
00:00 -
Langkah 4 Bagian 2: Menggali Akar Masalah: Ini Masalah Skill atau Will?
00:00 -
Langkah 5 – Menyusun Rencana Pelatihan yang Strategis
00:00 -
Kuis Sesi 1
Menentukan Tujuan Pembelajaran dengan Taksonomi Bloom dan SMART
-
Cara Menulis Tujuan Pembelajaran dengan Taksonomi Bloom
17:41 -
Apa itu SMART Goals
03:58 -
Cara membuat Tujuan Pembelajaran yang efektif
02:56 -
Kuis Sesi 2
Mendesain kurikulum dengan pendekatan Backward Design
-
Backward Design Overview
02:31 -
Understanding by Design (UbD) Part 1
10:52 -
Understanding by Design (UbD) Part 2
14:23 -
Sesi 3
Membuat Desain Learning Experience (LX)
-
Learning Experience Design (LX) Overview
03:04 -
Element Learning Experience Canvas
04:37 -
Membuat Desain Learning Experience (LX) yang Efektif
00:00 -
Sesi 4
Cara Riset Materi untuk Membuat Kurikulum
-
Riset Materi untuk Membuat Kurikulum yang Relevan dan Berorientasi Hasil
00:00 -
Menyusun Struktur Kurikulum yang Logis dan Efektif
00:00 -
Kuis Sesi 5
Mendesain modul dengan pendekatan Cognitive Load Theory
-
Menggunakan Cognitive Load Theory untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di Bootcamp dan Corporate Training
00:00 -
Teknik Efektif untuk Meningkatkan Retensi dan Pemahaman
00:00 -
Kuis Sesi 6
Membuat dan menerapkan Assessment dengan Model Kirkpatrick
-
Kirkpatrick Evaluation Model
04:44 -
Menggunakan Kirkpatrick Model untuk Evaluasi Pelatihan di Bootcamp & Corporate Training Part 1
00:00 -
Menggunakan Kirkpatrick Model untuk Evaluasi Pelatihan di Bootcamp & Corporate Training Part 2
00:00 -
Kuis Sesi 7
Membuat konten pembelajaran berdasrkan 12 Teaching Principles (PEN)
-
PEN Principle #1
04:50 -
PEN Principle #2
03:59 -
PEN Principle #3
05:12 -
PEN Principle #4
04:41 -
PEN Principle #5
04:34 -
PEN Principle #6
05:04 -
PEN Principle #7
05:03 -
PEN Principle #8
04:29 -
PEN Principle #9
04:41 -
PEN Principle #10
05:15 -
PEN Principle #11
04:46 -
PEN Principle #12
04:56 -
Kuis Sesi 8
Menguasai H5P
-
Apa itu H5P?
02:07 -
Membuat Video Interaktif
11:38 -
Membuat Buku Interaktif H5P Lumi Education Part 1
28:58 -
Membuat Buku Interaktif H5P Lumi Education Part 2
16:34 -
Membuat PPT Interaktif di H5P
11:02
Menguasai Articulate Storyline
-
Bagaimana cara mempelajari Articulate storyline 360?
20:51 -
Hal yang harus diketahui sebelum memuali project
11:10 -
Cara menggunakan Triger
27:32 -
Cara menggunakan Layer
26:30 -
Cara menggunakan Grub
09:53 -
Cara menggunakan Variables & Conditions
49:40 -
Cara publish Articulate Storyline
06:46 -
Referensi Tambahan
00:00
Project
-
Project 1
-
Project 2
-
Project 3
Post-test
-
Post-Test
00:00 -
Form Pengumpulan Tugas
00:00
Recording
-
Recording Sesi 1 (19 Mei 2025)
01:52:23 -
Recording Sesi 2 (21 Mei 2025)
02:16:05 -
Recording Sesi 3 (23 Mei 2025)
01:51:59 -
Recording Sesi 4 (28 Mei 2025)
01:32:59 -
Recording Sesi 5/Praktik (2 Juni 2025)
33:12 -
Recording Sesi 6 (3 Juni 2025)
02:05:07 -
Recording Sesi 7 (5 Mei 2025)
01:25:05 -
Recording Sesi 8 (11 Juni 2025)
01:24:16 -
Recording Sesi 9 (13 Juni 2025)
01:57:58 -
Recording Sesi 10/Praktik 2 (17 Juni 2025)
38:40
PPT
-
PPT Sesi 1_Membuat Training Needs Analysis (TNA)
-
PPT Sesi 2_Menentukan Tujuan Pembelajaran dengan Taksonomi Bloom dan SMART
-
PPT Sesi 3_Mendesain kurikulum dengan pendekatan Backward Design
-
PPT Sesi 4_Cara Riset Materi untuk Membuat Kurikulum (Topik, Sub Topik_ atau Silabus)
-
PPT Sesi 5_Praktik Cara Membuat Kurikulum Secara End to End dengan Backward Design
-
PPT Sesi 6 _ Membuat dan menerapkan Assessment dengan Model Kirkpatrick
-
PPT Sesi 7_ Praktik Mmembuat Bootcamp Online
-
PPT Sesi 8_Membuat Modul Pelatihan Berbasis Kompetensi
-
PPT Sesi 9_Mendesign Konten Pembelajaran Dengan_ Pendekatan 12 Teaching Principle (PEN) dan Cognitive Load Theory
-
PPT Sesi 10 _Praktik Membuat Konten Pembelajaran (Praktik 2)
Student Ratings & Reviews
5.0
Total 2 Ratings
5
2 Ratings
4
0 Rating
3
0 Rating
2
0 Rating
1
0 Rating
Jarang ketemu kursus tentang learning design jadi senang banget bisa belajar sesuatu yang baru. Materi terstruktur dan pemateri menjelaskan dengan interaktif. Materi dan praktek dijalankan dengan baik, latihan dan tugas-tugasnya juga bermanfaat banget untuk portofolio.
Trainer menyampaikan materi dengan jelas dan aktif di tiap pertemuan baik menjawab pertanyaan atau memberikan saran. Susunan materi sudah sesuai dengan apa yang saya incar untuk dipelajari.