4.00
(1 Rating)
Bootcamp Learning Design Batch 5
Categories: I-Labs, Insentive Bootcamp

Course Content
Pretest
-
Pre-Test
00:00
Membuat Training Needs Analysis (TNA)
-
Mengenal TNA
11:09 -
Tiga Cara Melihat Kebutuhan Pelatihan: Organisasi, Jabatan, dan Individu
13:38 -
Langkah 1: Mulai dari Atas — Menyelaraskan Pelatihan dengan Arah Perusahaan
03:15 -
Langkah 2 Bagian 1:Membedah Pekerjaan: Dimulai dari Job Description yang Jelas
00:00 -
Langkah 2 Bagian 2:Membedah Pekerjaan: Job Spesification
00:00 -
Langkah 2 Bagian 3 : Menentukan Standar Emas: Seberapa Tinggi Kemampuan yang Dibutuhkan?
00:00 -
Langkah 3 Evaluasi Profil Aktual
00:00 -
Langkah 4 Bagian 1: Menemukan Kesenjangan
00:00 -
Langkah 4 Bagian 2: Menggali Akar Masalah: Ini Masalah Skill atau Will?
00:00 -
Langkah 5 – Menyusun Rencana Pelatihan yang Strategis
00:00 -
Kuis Sesi 1
Menentukan Tujuan Pembelajaran dengan Taksonomi Bloom dan SMART
-
Menulis Tujuan Pembelajaran dengan Taksonomi Bloom
00:00 -
Menerapkan Kerangka SMART Goals
00:00 -
Merancang Tujuan Pembelajaran yang Efektif
00:00 -
Kuis Sesi 2
Mendesain kurikulum dengan pendekatan Backward Design
-
Mengenal Backward Design
00:00 -
Merancang Kurikulum Pelatihan Menggunakan Backward Design
00:00 -
Merancang Topik Pelatihan dari Hasil Akhir
00:00 -
Cara Memilih Materi dan Media Pembelajaran dengan Backward Design
00:00 -
Bukan Ahlinya? Ini Peta Jalan bagi L&D untuk Merancang Pelatihan di Bidang Apa Pun
00:00 -
Sesi 3
Membuat Desain Learning Experience (LX)
-
Mengenal Learning Experience Design (LXD)
00:00 -
Membedah 11 Kotak Learning Experience Canvas (LXC)
00:00 -
Membuat Desain Learning Experience (LX) yang Efektif
00:00 -
Sesi 4
Cara Riset Materi untuk Membuat Kurikulum
-
Riset Materi untuk Membuat Kurikulum yang Relevan dan Berorientasi Hasil
00:00 -
Menyusun Struktur Kurikulum yang Logis dan Efektif
00:00 -
Kuis Sesi 5
Mendesain modul dengan pendekatan Cognitive Load Theory
-
Menggunakan Cognitive Load Theory untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di Bootcamp dan Corporate Training
00:00 -
Teknik Efektif untuk Meningkatkan Retensi dan Pemahaman
00:00 -
Kuis Sesi 6
Membuat dan menerapkan Assessment dengan Model Kirkpatrick
-
Menggunakan Kirkpatrick Model untuk Evaluasi Pelatihan di Bootcamp & Corporate Training Part 1
00:00 -
Menggunakan Kirkpatrick Model untuk Evaluasi Pelatihan di Bootcamp & Corporate Training Part 2
00:00 -
Kuis Sesi 7
Membuat konten pembelajaran berdasrkan 12 Teaching Principles (PEN)
-
12 Prinsip PEN untuk Mendesain Pelatihan yang Lebih Efektif
00:00 -
PEN Principle #1
00:00 -
PEN Principle #2
00:00 -
PEN Principle #3
00:00 -
PEN Principle #4
00:00 -
PEN Principle #5
00:00 -
PEN Principle #6
00:00 -
PEN Principle #7
00:00 -
PEN Principle #8
00:00 -
PEN Principle #9
00:00 -
PEN Principle #10
00:00 -
PEN Principle #11
00:00 -
PEN Principle #12
00:00 -
Kuis Sesi 8
Menguasai H5P
-
Apa itu H5P?
02:07 -
Membuat Video Interaktif
11:37 -
Membuat Buku Interaktif H5P Lumi Education Part 1
28:58 -
Membuat Buku Interaktif H5P Lumi Education Part 2
16:34 -
Membuat PPT Interaktif di H5P
11:02
Menguasai Articulate Storyline
-
Bagaimana cara mempelajari Articulate storyline 360?
20:51 -
Hal yang harus diketahui sebelum memuali project
11:10 -
Cara menggunakan Triger
27:32 -
Cara menggunakan Layer
26:30 -
Cara menggunakan Grub
09:53 -
Cara menggunakan Variables & Conditions
49:40 -
Cara publish Articulate Storyline
06:46 -
Referensi Tambahan
00:00
Project
-
Project 1
-
Project 2
-
Project 3
Post-test
-
Post-Test
00:00 -
Form Pengumpulan Tugas
00:00
Recording + PPT Materi
-
Sesi 1 – Membuat Training Need Analysis untuk Learning Development
02:05:37 -
Sesi 2 – Menentukan Tujuan Pembelajaran dengan Taksonomi Bloom dan SMART
01:32:49 -
Sesi 3 – Mendesain kurikulum dengan pendekatan Backward Design
01:46:08 -
Sesi 4 – Cara Riset Materi untuk Membuat Kurikulum (Topik, Sub Topik; atau Silabus)
01:39:28 -
Sesi Praktik 1 – Praktik Membuat Kurikulum End to End
01:03:51 -
Sesi 5 – Membuat dan Menerapkan Assessment dengan Model Kirkpatrick
01:26:27 -
Sesi 6 – Praktik Membuat Kurikulum Pelatihan Berbasis Kompetensi Bagian 1
01:36:14 -
Sesi 7 – Praktik Membuat Kurikulum Pelatihan Berbasis Kompetensi Bagian 2
01:33:09 -
Sesi 8 – Mendesain Konten Pembelajaran dengan Pendekatan 12 Teaching Principles (PEN) dan Cognitive Load Tehory
02:00:13 -
Sesi Praktik 2 – Praktik Membuat Konten Pembelajaran
01:03:11
Student Ratings & Reviews
4.0
Total 1 Rating
5
0 Rating
4
1 Rating
3
0 Rating
2
0 Rating
1
0 Rating
saya mendapatkan banyak insight pada bootcamp ini, membuat saya bisa melatih diri dan modal awal berkarir sebagai people development