5.00
(1 Rating)
Bootcamp Merancang Kurikulum untuk Adult Learning Batch 3
Categories: I-Labs, Insentive Bootcamp

Course Content
Pretest
-
Pre-Test
00:00
Membuat Training Needs Analysis (TNA)
-
Mengenal TNA dan Tujuanya
11:09 -
Tiga Cara Melihat Kebutuhan Pelatihan: Organisasi, Jabatan, dan Individu
13:38 -
Langkah 1: Mulai dari Atas — Menyelaraskan Pelatihan dengan Arah Perusahaan
03:15 -
Langkah 2 Bagian 1:Membedah Pekerjaan: Dimulai dari Job Description yang Jelas
00:00 -
Langkah 2 Bagian 2:Membedah Pekerjaan: Job Spesification
00:00 -
Langkah 2 Bagian 3 : Menentukan Standar Emas: Seberapa Tinggi Kemampuan yang Dibutuhkan?
00:00 -
Langkah 3 Evaluasi Profil Aktual
00:00 -
Langkah 4 Bagian 1: Menemukan Kesenjangan
00:00 -
Langkah 4 Bagian 2: Menggali Akar Masalah: Ini Masalah Skill atau Will?
00:00 -
Langkah 5 – Menyusun Rencana Pelatihan yang Strategis
00:00 -
Kuis Sesi 1
Menentukan Tujuan Pembelajaran dengan Taksonomi Bloom dan SMART
-
Cara Menulis Tujuan Pembelajaran dengan Taksonomi Bloom
17:42 -
Apa itu SMART Goals
03:58 -
Cara membuat Tujuan Pembelajaran yang efektif
02:57 -
Kuis Sesi 2
Mendesain kurikulum dengan pendekatan Backward Design
-
Backward Design Overview
02:30 -
Understanding by Design (UbD) Part 1
10:52 -
Understanding by Design (UbD) Part 2
14:23 -
Sesi 3
Membuat Desain Learning Experience (LX)
-
Learning Experience Design (LX) Overview
03:04 -
Element Learning Experience Canvas
04:37 -
Membuat Desain Learning Experience (LX) yang Efektif
00:00 -
Sesi 4
Cara Riset Materi untuk Membuat Kurikulum
-
Riset Materi untuk Membuat Kurikulum yang Relevan dan Berorientasi Hasil
00:00 -
Menyusun Struktur Kurikulum yang Logis dan Efektif
00:00 -
Kuis Sesi 5
Mendesain modul dengan pendekatan Cognitive Load Theory
-
Menggunakan Cognitive Load Theory untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di Bootcamp dan Corporate Training
00:00 -
Teknik Efektif untuk Meningkatkan Retensi dan Pemahaman
00:00 -
Kuis Sesi 6
Membuat dan menerapkan Assessment dengan Model Kirkpatrick
-
Kirkpatrick Evaluation Model
04:44 -
Menggunakan Kirkpatrick Model untuk Evaluasi Pelatihan di Bootcamp & Corporate Training Part 1
00:00 -
Menggunakan Kirkpatrick Model untuk Evaluasi Pelatihan di Bootcamp & Corporate Training Part 2
00:00 -
Kuis Sesi 7
Membuat konten pembelajaran berdasrkan 12 Teaching Principles (PEN)
-
PEN Principle #1
04:50 -
PEN Principle #2
03:59 -
PEN Principle #3
05:12 -
PEN Principle #4
04:41 -
PEN Principle #5
04:34 -
PEN Principle #6
05:04 -
PEN Principle #7
05:03 -
PEN Principle #8
04:29 -
PEN Principle #9
04:41 -
PEN Principle #10
05:15 -
PEN Principle #11
04:46 -
PEN Principle #12
04:56 -
Kuis Sesi 8
Menguasai H5P
-
Apa itu H5P?
02:07 -
Membuat Video Interaktif
11:38 -
Membuat Buku Interaktif H5P Lumi Education Part 1
28:58 -
Membuat Buku Interaktif H5P Lumi Education Part 2
16:34 -
Membuat PPT Interaktif di H5P
11:02
Menguasai Articulate Storyline
-
Bagaimana cara mempelajari Articulate storyline 360?
20:51 -
Hal yang harus diketahui sebelum memuali project
11:10 -
Cara menggunakan Triger
27:32 -
Cara menggunakan Layer
26:30 -
Cara menggunakan Grub
09:53 -
Cara menggunakan Variables & Conditions
49:40 -
Cara publish Articulate Storyline
06:46 -
Referensi Tambahan
00:00
Project
-
Project 1
-
Project 2
-
Project 3
Post-test
-
Post-Test
00:00 -
Form Pengumpulan Tugas
00:00
Recording
-
Recording Sesi 1 (19 Mei 2025)
01:52:23 -
Recording Sesi 2 (21 Mei 2025)
02:16:05 -
Recording Sesi 3 (23 Mei 2025)
01:51:59 -
Recording Sesi 4 (28 Mei 2025)
01:32:59 -
Recording Sesi 5/Praktik (2 Juni 2025)
33:12 -
Recording Sesi 6 (3 Juni 2025)
02:05:07 -
Recording Sesi 7 (5 Mei 2025)
01:25:05 -
Recording Sesi 8 (11 Juni 2025)
01:24:16 -
Recording Sesi 9 (13 Juni 2025)
01:57:58 -
Recording Sesi 10/Praktik 2 (17 Juni 2025)
38:40
PPT
-
PPT Sesi 1_Membuat Training Needs Analysis (TNA)
-
PPT Sesi 2_Menentukan Tujuan Pembelajaran dengan Taksonomi Bloom dan SMART
-
PPT Sesi 3_Mendesain kurikulum dengan pendekatan Backward Design
-
PPT Sesi 4_Cara Riset Materi untuk Membuat Kurikulum (Topik, Sub Topik_ atau Silabus)
-
PPT Sesi 5_Praktik Cara Membuat Kurikulum Secara End to End dengan Backward Design
-
PPT Sesi 6 _ Membuat dan menerapkan Assessment dengan Model Kirkpatrick
-
PPT Sesi 7_ Praktik Mmembuat Bootcamp Online
-
PPT Sesi 8_Membuat Modul Pelatihan Berbasis Kompetensi
-
PPT Sesi 9_Mendesign Konten Pembelajaran Dengan_ Pendekatan 12 Teaching Principle (PEN) dan Cognitive Load Theory
-
PPT Sesi 10 _Praktik Membuat Konten Pembelajaran (Praktik 2)
Student Ratings & Reviews
5.0
Total 1 Rating
5
1 Rating
4
0 Rating
3
0 Rating
2
0 Rating
1
0 Rating
Trainer menyampaikan materi dengan jelas dan aktif di tiap pertemuan baik menjawab pertanyaan atau memberikan saran. Susunan materi sudah sesuai dengan apa yang saya incar untuk dipelajari.