Bootcamp Merancang Kurikulum untuk Adult Learning Batch 4
Categories: I-Labs, Insentive Bootcamp

Course Content
Pretest
-
Pre-Test
00:00
Membuat Training Needs Analysis (TNA)
-
Mengenal TNA
11:09 -
Tiga Cara Melihat Kebutuhan Pelatihan: Organisasi, Jabatan, dan Individu
13:38 -
Langkah 1: Mulai dari Atas — Menyelaraskan Pelatihan dengan Arah Perusahaan
03:15 -
Langkah 2 Bagian 1:Membedah Pekerjaan: Dimulai dari Job Description yang Jelas
00:00 -
Langkah 2 Bagian 2:Membedah Pekerjaan: Job Spesification
00:00 -
Langkah 2 Bagian 3 : Menentukan Standar Emas: Seberapa Tinggi Kemampuan yang Dibutuhkan?
00:00 -
Langkah 3 Evaluasi Profil Aktual
00:00 -
Langkah 4 Bagian 1: Menemukan Kesenjangan
00:00 -
Langkah 4 Bagian 2: Menggali Akar Masalah: Ini Masalah Skill atau Will?
00:00 -
Langkah 5 – Menyusun Rencana Pelatihan yang Strategis
00:00 -
Kuis Sesi 1
Menentukan Tujuan Pembelajaran dengan Taksonomi Bloom dan SMART
-
Cara Menulis Tujuan Pembelajaran dengan Taksonomi Bloom
-
Apa itu SMART Goals
-
Cara membuat Tujuan Pembelajaran yang efektif
-
Kuis Sesi 2
Mendesain kurikulum dengan pendekatan Backward Design
-
Backward Design Overview
-
Understanding by Design (UbD) Part 1
-
Understanding by Design (UbD) Part 2
-
Sesi 3
Membuat Desain Learning Experience (LX)
-
Learning Experience Design (LX) Overview
-
Element Learning Experience Canvas
-
Membuat Desain Learning Experience (LX) yang Efektif
00:00 -
Sesi 4
Cara Riset Materi untuk Membuat Kurikulum
-
Riset Materi untuk Membuat Kurikulum yang Relevan dan Berorientasi Hasil
00:00 -
Menyusun Struktur Kurikulum yang Logis dan Efektif
00:00 -
Kuis Sesi 5
Mendesain modul dengan pendekatan Cognitive Load Theory
-
Menggunakan Cognitive Load Theory untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di Bootcamp dan Corporate Training
00:00 -
Teknik Efektif untuk Meningkatkan Retensi dan Pemahaman
00:00 -
Kuis Sesi 6
Membuat dan menerapkan Assessment dengan Model Kirkpatrick
-
Kirkpatrick Evaluation Model
-
Menggunakan Kirkpatrick Model untuk Evaluasi Pelatihan di Bootcamp & Corporate Training Part 1
00:00 -
Menggunakan Kirkpatrick Model untuk Evaluasi Pelatihan di Bootcamp & Corporate Training Part 2
00:00 -
Kuis Sesi 7
Membuat konten pembelajaran berdasrkan 12 Teaching Principles (PEN)
-
PEN Principle #1
-
PEN Principle #2
-
PEN Principle #3
-
PEN Principle #4
-
PEN Principle #5
-
PEN Principle #6
-
PEN Principle #7
-
PEN Principle #8
-
PEN Principle #9
-
PEN Principle #10
-
PEN Principle #11
-
PEN Principle #12
-
Kuis Sesi 8
Menguasai H5P
-
Apa itu H5P?
-
Membuat Video Interaktif
-
Membuat Buku Interaktif H5P Lumi Education Part 1
-
Membuat Buku Interaktif H5P Lumi Education Part 2
-
Membuat PPT Interaktif di H5P
Menguasai Articulate Storyline
-
Bagaimana cara mempelajari Articulate storyline 360?
-
Hal yang harus diketahui sebelum memuali project
-
Cara menggunakan Triger
-
Cara menggunakan Layer
-
Cara menggunakan Grub
-
Cara menggunakan Variables & Conditions
-
Cara publish Articulate Storyline
-
Referensi Tambahan
00:00
Project
-
Project 1
-
Project 2
-
Project 3
Post-test
-
Post-Test
00:00 -
Form Pengumpulan Tugas
00:00
Recording
-
Recording Sesi 1 (23 Juni 2025)
01:54:15 -
Recording Sesi 2 (25 Juni 2025)
01:47:50 -
Recording Sesi 3 (1 Juli 2025)
01:51:13 -
Recording Sesi 4 ( 3 Juli 2025)
01:52:22
PPT
-
PPT Sesi 1_Membuat Training Needs Analysis (TNA)
-
PPT Sesi 2_Menentukan Tujuan Pembelajaran dengan Taksonomi Bloom dan SMART
-
PPT Sesi 3_Mendesain kurikulum dengan pendekatan Backward Design
-
PPT Sesi 4 _Cara Riset Materi untuk Membuat Kurikulum (topik, sub topik; atau silabus)
Student Ratings & Reviews
No Review Yet